Wednesday 27 April 2016

Changi oooh Changi Kamu Cantik Sekali!

Sudah beberapa kali transit di bandara ini tapi baru sekarang transit lebih dari 12 jam dan menjelajah bandara Changi sampai puas. Bosan? Jelas tidak! Kami tiba di Singapore jam 2 siang dan penerbangan selanjutnya jam 5.30 pagi.
Berikut things to do in Changi Airport (terminal 2 ya) yang membuat transit terasa menyenangkan! Yang rasanya bukan transit lagi tapi as the part of our picnic!
*yang pertama kami pastikan adalah menitipkan barang bawaan ditempat penitipan dan menitipkan bawaan tas *sebenernya kalau stay terus di bandara sih ga usah dititipin ya, bawa aja kesana kemari

1. WAJIB ikut Free Singapore Tour
Jangan lupa boarding pass penerbangan selanjutnya dibawa serta. Tour ini beneran bebas biaya, disediakan bagi penumpang transit dengan min 5-6 jam. Pertama kita musti daftar min 45 menit sebelum tour dimulai. Tour ini dilakukan 6x dalam sehari dengan pilihan pukul 09.00, 11.30, 14.30, 15.30, 18.00, 19.00. Tour pagi sampai sore dinamai Heritage Tour sedangkan jam 6 dan jam 7 malam adalah City Light Tour.

Kami memilih City Light Tour. Tour ini memakan waktu 2,5 jam. Pendamping tour sangat ramah dan baik, sepanjang perjalanan dijelaskan tata kota SIngapore yang membuat kita kagum. Pertama, bis melaju ke Garden by The Bay, disini diberikan waktu sekitar 30 menit. Yang dilakukan di Garden by The Bay secepat itu adalah melihat lihat area Flower Dome, Cloud Forest Dome dan Supertree Groove. Yang paling nyenengin disini adalah nonton supertree groove dimana kita dibuat kagum menyaksikan permainan lampu warna warni yang diiringi musik di pohon-pohon buatan super besar itu. Setelah waktu habis, kembalilah ke bis dan melanjutkan ke destinasi selanjutnya. Ya, kita menuju Merlion Statue yang mantab banget buat selfi. Walaupun udah beberapa kali selfi kemari tetep hepi ;D *apalagi sekarang udah sama sahabat jalan yang resmi udah jadi suami.
Sepanjang perjalanan tour guide akan memberikan informasi mengenai bangunan-bangunan yang kita lewati. So far sangat menyenangkan!

PS: Be ON TIME dengan waktu yang diberikan & ketika di dalam bis pilihlah kursi di bagian belakang sendiri *karena paling tinggi kursinya dan jarak pandangnya paling luas

2. Bermain di Sun Flower Garden sambil nonton pesawat
Hahaha terdengar so childish tapi believe me, tempat ini rapi dan bersih sekali. Macam tempat bisa menyuapi anak sambil lihat pesawat hilir mudik parkir. Disediakan gazebo gazebo untuk duduk juga dan pastinya bagi perokok silahkan merokok di tempat yang disediakan di taman terbuka ini.

3. Nonton di Bioskop
Walaupun film yang diputar bukan yang terbaru tapi tetep asik banget buat nongkrong. Tempat duduk nyaman bahkan waktu itu kami sempat tidur menunggu flight berikutnya ya di kursi bioskop *maklum flashpacker ya *dijamin ga ada yang ngusir deh *aman

4. Main di Gaming Room
Ada berbagai macam game yang disediakan, ada juga PS 3 & 4 yang bisa dimainkan bersama sama dengan teman teman serombongan.

5. Pijat Gratis!
Capek? Pasti. Saatnya pijetan...tapi bukan pijet badan ya cukup pijat kaki saja. Berhubung seharian kami berjalan jalan, pegel banget rasanya kaki ini jadi pijet kaki 15 menit ini sangat mengobati kepegelan kami. Kalau lagi tidak ada antrian silahkan diteruskan pijatnya sampai puas *serius ga pake koin cukup pake doa aja :D

6. MMM: Makan Makan Murah
Paling ga enaknya buat flashpacker seperti kami adalah tidak adanya pilihan tempat makanan murah. Akhirnya setelah mencari cari pertama kami makan sore (sebelum ikut free Singapore Tour) di Kedai Killiney (mi kari + milo) porsinya gede bisa buat berdua. Lalu makan malam makan samosa di resto India dan makan pagi sebelum flight selanjutnya makan nasi hainan di food court karena sudah menghindari fast food, yang pasti Mc.D pun tersedia dan lebih affordable (tapi karena sudah umur maka kami menghindari *tuwiiir bener). Untuk air putih disarankan membawa botol sendiri, karena dimana-mana air putih gratis.

7. Cicipin Camilan Wajib di Singapore: Bengawan Solo
Tadinya sebelum kami (saya dan suami) kenal, tidak ada agenda mampir ke toko kue Bengawan Solo . Karena masih ada hubungan kerabat dengan suami jadi mampir kemari, jadilah nyicip dan setelah nyicip ternyata bikin ketagihan kue2nya. Kamipun mbungkus beberapa biji buat camilan kami. Serius, must try snacks!

8. Selfi di Berbagai Taman
Ada beberapa taman-taman buatan cantik yang disediakan di Changi dan yakin sangat sayang untuk dilewatkan tanpa berpose ya buk ibuk. Kayaknya setiap pojok di bandara ini memang asik banget dipakai foto.

9. Nongkrong di Kids’ Corner
Bagi yang travelling with kids, maka area ini paling wajib dikunjungi. Ada berbagai mainan edukatif dan menghibur untuk anak anak dan tempatpun lapang. Dijamin bocah bocah ga bakal ngerengek dan bosen mami pun hepi ;)

10. Nonton TV-Charge Gadget-Kursi Empuk-Cuci Muka *biar kinclong
Dijamin ga bakal mati hape selama disini, dimana mana charger gratis disediakan. Nonton bareng bareng siaran TV sambil nyemil bisa banget. Jangan lupa yang transit lama butuh bersih bersih badan, gosok gigi. Banyak kamar mandi, santai kaga bau pesing kok.

11. Password Wifi
Bagi yang super duper eksis yang terakhir ini bikin ga bosen. Jangan lupa ke bagian informasi dan meminta password wifi ya

Dipastikan ga bosen kan transit di bandara ini. Semoga bandara bandara di Indonesia segera menyusul konsep Changi Aiport ya :) Amin.